Sambutan Kepala Sekolah


Segala puji bagi Allah SWT, rabb semesta alam yang telah memberikan segala karunia dan nikmatNya. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada manusia pilihan, nabi Muhammad SAW.
 
Pendidikan merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia yang berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan selalu berkembang, dan selalu dihadapkan pada perubahan zaman. Untuk itu pendidikan di masyarakat, didisain mengikuti irama perubahan dan kebutuhan masyarakat.
 
Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Dari pernyataan ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.

Didalam UU No.20/2003 tentang sistem pendidikan Nasional, tercantum pengertian pendidikan: “pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, banga dan negara”
Selanjutnya menurut UNESCO, badan PBB yang menangani bidang pendidikan menyerukan kepada seluruh bangsa-bangsa di dunia bahwa, jika ingin membangun dan berusaha memperbaiki keadaan seluruh bangsa, maka haruslah dari pendidikan, sebab pendidikan adalah kunci menuju perbaikan terhadap peradaban.oleh karena itu UNESCO merumuskan bahwa pendidikan itu adalah:

• Learning how to think (Belajar bagaimana berpikir)
• Learning how to do (Belajar bagaimana melakukan)
• Learning how to be (Belajar bagaimana menjadi)
• Learning how to learn (Belajar bagaimana belajar)
• Learning how to live together (Belajar bagaimana hidup bersama)

Sementara di dalam al-Qur’an dengan sangat jelas Allah Swt berjanji akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu dan beriman: Yarfa’illahulladzina amanu walladzina utul ’ilma darajat (QS. QS. Al-Mujadilah [58]: : 11). Ayat ini menunjukkan bahwa proses memperoleh ilmu atau pendidikanlah yang mengantarkan manusia pada derajat yang tinggi. Di samping itu, ilmu yang dipandu dengan keimanan inilah yang mampu melanjutkan warisan berharga berupa ketaqwaan kepada Allah Swt. Ayat di atas adalah sebagian kecil dari contoh betapa agama Islam sangat memandang ilmu sebagai alat yang penting dalam kehidupan. Banyak sekali kata-kata atau perintah-perintah di dalam al-Qur’an yang menunjukkan agar manusia ini berilmu, berpikir, merenung dan sebagainya.

Dengan demikian, jelaslah bahwa pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dan mutlak bagi umat manusia. Oleh karena itu, tidaklah sekedar transfer ilmu pengetahuan, tujuan pendidikan sesungguhnya menciptakan pribadi yang memiliki sikap dan kepribadian yang positif.

Sekolah SMP Mazro’atul Ulum adalah salah satu institusi pendidikan formal yang diiharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendiidkan dengan segala aspeknya. Melalui berbagai kebijakan strategis sebagai wujud respon terhadap berbagai bentuk perubahan, SMP Mazro’atul Ulum selalu bersusaha untuk  mengembangkan dan sekaligus memadukan program programnya  antara yang bersifat global ( umum ) dan bersifat religiusitas ( keagamaan ). Semoga semua harapan ini dapat terwujud. Amin

Komentar

Postingan Populer